Cara Menyimpan Biji Kopi Agar Tetap Segar Mungkin

Selama bertahun-tahun, kebijaksanaan yang berlaku di kalangan ahli kopi adalah bukan untuk menyimpan banyak kopi di sekitar. Perlakukan itu seperti produk segar, kata mereka. Belilah dalam jumlah yang lebih kecil, tetapi lebih sering. Itu pemikiran yang mulia—tetapi mungkin tidak perlu.

Meskipun menyenangkan bisa berjalan-jalan ke kafe lokal setiap minggu untuk membeli sekantong baru biji kopi panggang segar, jika kopi favorit Anda berasal dari tempat yang lebih jauh, atau jika kebiasaan membeli Anda telah berubah sejak pandemi, Anda mungkin tergoda untuk membeli lebih banyak kopi pada satu waktu daripada sebelumnya. Jadi, apa cara terbaik untuk tetap segar?

Untuk sebagian besar kopi dari pemanggang berkualitas tinggi, menjaga agar biji kopi Anda tetap tersegel di dalam kantong kemasannya masih merupakan cara terbaik untuk memastikan kesegarannya. Sebagian besar kantong kopi dilengkapi dengan katup satu arah untuk memungkinkan pelepasan fuel CO2 yang tepat dari proses pemanggangan, sambil menahan oksigen yang dapat merusak biji kopi Anda. (Beberapa kantong juga disiram dengan nitrogen untuk mengeluarkan oksigen, yang membuat biji tetap segar lebih lama lagi.) Simpan kopi Anda dalam kantongnya sendiri sampai Anda siap menggunakannya, dan dengan asumsi kopi digunakan dalam dua hingga tiga bulan pemanggangan, Anda masih akan menemukannya menghasilkan minuman yang beraroma.


Deep Freeze

Jika Anda menyimpan kopi lebih dari beberapa bulan, solusi menyimpan kopi di freezer yang sering diperdebatkan telah menemukan pendukung baru di kalangan ilmuwan dan pakar kopi. Meskipun beberapa orang tetap menentang praktik tersebut, banyak yang menerima kembali gagasan tersebut — selama Anda tetap memperhatikan kelembapan.

“Jika Anda memiliki sekantong kopi dan membuangnya langsung ke dalam freezer, masih tersegel, Anda hebat,” kata Ben Helfen, spesialis Dukungan Pendidikan Kopi dengan Counter Tradition Espresso, yang berbasis di Durham, NC.

“Kuncinya adalah membiarkannya benar-benar mencapai suhu kamar setelah dikeluarkan dari freezer,” jelas Helfen. Membiarkan kopi menyesuaikan diri dengan suhu sekitar akan mencegah terbentuknya kondensasi pada biji, yang akan menyebabkan kerusakan struktural pada biji dan memengaruhi rasa secara signifikan. Demikian pula, sebaiknya hindari menyimpan kopi di freezer lalu lintas tinggi atau bagian depan freezer Anda, di mana kopi akan menghadapi ketidakstabilan suhu dan potensi untuk mendapatkan kelembapan.

Kopi bersifat “higroskopis”, artinya secara inner akan menyerap kelembapan dari udara luar—atau dari kondensat apa pun yang terbentuk pada biji. Ini adalah alasan yang sama Anda ingin menyimpan kopi Anda dengan baik bahkan jika Anda tidak membekukannya: meninggalkannya di dalam tas kraft sederhana atau menggantungnya di hopper penggiling Anda di dapur akan membuatnya lebih rentan terhadap efek buruk kelembaban dan oksigen.


Membeli dalam Jumlah Banyak

Sejak pandemi, banyak pemanggang mulai menjual biji mereka dalam kantong yang lebih besar—ukuran 2 pon atau bahkan 5 pon yang biasanya disediakan untuk klien grosir seperti restoran atau kedai kopi. Jika Anda ingin berbelanja kopi dalam jumlah besar, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan agar tetap segar setelah Anda menggali ke dalam tas besar itu.

Sementara beberapa tas yang lebih besar dilengkapi dengan penutup yang dapat ditutup kembali, sebagian besar tidak. Direkomendasikan untuk mengeluarkan apa yang dapat Anda masukkan ke dalam bejana penghapus udara, seperti tabung Airscape khusus kopi atau Fellow Atmos. Kemudian cukup peras udara yang tersisa dari kantong, gulung ke bawah, dan tutup ritsleting atau rekatkan. “Kekuatan dan ketebalan tas seberat 5 pon itu membuatnya hebat dalam menyimpan kopi selama sebulan atau lebih,” kata Jared Linzmeier, pendiri Ruby Espresso Roasters di Wisconsin, yang mulai menjual tas seberat 5 pon ke pelanggan eceran dan pesanan lewat pos di 2020.

Baik Helfen dan Linzmeier mencatat bahwa Anda masih punya waktu beberapa minggu untuk menikmati kopi yang telah dipanggang dan disimpan, atau bahkan dibuka, sebelum kehilangan semua pesonanya. “Saya pikir tergantung pada kopinya, lima dan enam minggu tidak seburuk yang dikatakan sebelumnya,” kata Helfen. Linzmeier setuju: “Saya tidak ragu untuk menyeduh kopi kami yang tidak dipanggang selama empat hingga lima minggu,” katanya.

Jadi, jika Anda tergoda untuk menimbun campuran favorit dalam ukuran ekonomis—sepertinya penimbunan menjadi sedikit lebih dapat diterima.

Tabung Biji Kopi

Tabung Penyimpanan Kopi Airscape

Amazon


Untuk membeli: $30 di amazon.com




[randomize] different website


Posted

in

by