Buktikan Saya Salah: Latte Adalah Minuman Kopi Paling Serbaguna

Dengan penyajian panas dan es yang tak ada habisnya, latte mungkin saja menjadi minuman berkafein paling terkenal di dunia. Dengan setiap musim yang berlalu, sepertinya rasa latte semakin jauh dari rasa seperti kopi asli. Mungkin Starbucks yang harus disalahkan –– mereka membuat segalanya mulai dari keripik apel hingga latte pistachio, dan tentu saja, latte bumbu labu. Jika Anda seperti saya dan benar-benar mendambakan perpaduan seimbang antara espresso yang dibuat dengan baik dipadukan dengan susu krim, latte klasik mungkin cocok untuk Anda. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.


Apa itu Latte?

“Intinya, latte adalah minuman kopi sederhana dan terstruktur yang menghargai espresso,” kata Paige Chamberlain, mantan barista di kedai kopi artisanal Espresso by Design di Portland, ME. Dibuat dengan susu kukus dan espresso, latte ini adalah bar klasik barista, tetapi ada banyak variasi untuk minuman dua bahan ini. Mereka semua disebut sesuatu yang berbeda dan rasanya mirip secara objektif, jadi mudah membuat mereka bingung. Untuk menempatkan latte dalam perspektif di antara rekan-rekannya, ini secara volumetrik lebih besar dari cortado dan putih rata, dan ukurannya lebih dekat ke cappuccino, tetapi dengan lebih banyak cairan. Cappucino dibuat dengan espresso, susu kukus, dan busa susu dengan porsi yang sama, sedangkan latte hanya memiliki satu gelas espresso dan susu kukus yang dituangkan ke atas mug atau cangkir. Tanpa buih susu tambahan, bagian atas latte yang creamy terbentuk dari sisa gelembung udara yang tercipta saat susu dikukus.




Cara Membuat Latte

“Latte adalah minuman yang menarik untuk dibicarakan karena memang begitu [so] susu ke depan, ”kata Giovanni Betteo, Direktur Penjualan untuk Angka Kecil, merek kopi yang berbasis di London yang mengkhususkan diri pada latte susu oat kaleng dan susu oat kotak. Dalam minuman 16 ons – itu adalah Grande latte di Starbucks, sebagai referensi – latte dibuat dengan tiga ons espresso dan tiga belas ons susu kukus, jadi pilihan susu Anda akan sangat memengaruhi rasa dan tekstur latte Anda. Untungnya, tidak pernah ada lebih banyak pilihan di pasar susu, baik susu maupun non-susu. Untuk membuat latte, susu dikukus hingga suhu sekitar 160°F dan busa terbentuk saat gelembung udara dari uap air panas dipaksa masuk ke dalam susu hangat. Tidak mengherankan jika susu yang lebih kental akan menghasilkan latte yang lebih sutra.


Susu oat ala Barista memiliki konsistensi tremendous lembut yang, saat dikukus, menghasilkan gelembung mikrofoam kecil yang membuat latte terasa mewah di mulut. Ketika datang untuk mengintegrasikan alternatif susu krim ini dengan espresso, itu adalah tindakan penyeimbang whole: “Kebanyakan orang ingin minum latte susu oat karena sangat nyaman dan memiliki rasa lembut di mulut, tetapi kopi bukanlah bintang dari cangkir, kata Betteo.


Sementara itu, Wealthy Labriola selalu menyukai latte yang dibuat dengan susu murni. Sebagai pendiri Stan’s Donuts & Espresso, sebuah perusahaan donat yang berbasis di Chicago yang berspesialisasi dalam donat buatan tangan yang lezat dan kopi klasik, Labriola tahu satu atau dua hal tentang minuman kopi dan tertarik pada minuman halus dengan rasa murni, karena itu ketertarikannya pada latte. “Sementara secara pribadi saya selalu tertarik pada susu murni daripada alternatif susu lainnya, ketika saya pertama kali mencicipi Kota Hantu, saya tidak percaya itu adalah susu oat,” kata Labriola. Merek susu oat milik Black-and-queer menciptakan latte krim dengan rasa manis ringan, dan “memiliki rasa manis dan lembut susu murni dengan tekstur halus yang berpadu sempurna ke dalam latte”.




Latte yang Baik Dimulai dengan Espresso Berkualitas

“Dalam hal kualitas latte, crema yang dibuat saat espresso shot ditarik akan membantu memastikan tekstur halus dan busa yang lembut,” kata Chamberlain. Dengan espresso, istilah crema mengacu pada krim bengkak yang terbentuk di atas espresso cair saat diekstrak dari mesin espresso. “Crema adalah salah satu komponen paling berharga dari espresso yang dibuat dengan baik. Berwarna karamel dan bertekstur lembut, kepulan berbusa tercipta saat air panas mengemulsi minyak biji kopi dan mengapung di atas espresso dengan gelembung kecil yang halus, ”tulis Maria Yagoda. Sementara crema adalah rahasia dari latte ultra-krim, ia mengemulsi dengan susu kukus untuk menciptakan rasa mewah di mulut, hal itu dapat mengurangi pengalaman minum espresso sendiri. Menurut Yagoda, crema dikemas dengan karbon dioksida, yang menambah rasa pahit ekstra pada espresso yang sudah pahit.


Cara Membuat Es Latte

Rasio susu dan espresso yang lebih tinggi dalam latte klasik menjadikannya kandidat yang bagus untuk disajikan dingin. Latte es biasanya dibuat dengan menuangkan susu pilihan di atas espresso dan es, tanpa menambahkan langkah pengukusan. “Saya suka pilihan untuk membuatnya panas atau dingin,” kata Labriola, “sebagai penduduk asli Chicago yang cuacanya sering berubah, latte adalah pilihan yang bagus sepanjang tahun.” Apakah Anda sedang menikmati latte panas dalam kenyamanan rumah Anda, es dan on-the-go, dan rasa atau tidak, latte layak perhatian dan perhatian Anda.


[randomize] different web site


Posted

in

by