Cara Membuat Kopi French Press Menurut Para Ahli

Apakah Anda menerima pers Prancis sebagai hadiah mudik, menyimpannya sebagai alat penting untuk kamar asrama Anda, atau membelinya dalam upaya sungguh-sungguh untuk membuat lebih banyak kopi di rumah, kebanyakan orang kemungkinan besar telah berinteraksi dengan atau bahkan memiliki pers Prancis.


Pers Prancis adalah bahan pokok, dan merupakan pembuat bir dengan harga terjangkau yang nama internasionalnya membantu mendandani teknik yang tampak sederhana: Tuangkan air panas di atas kopi bubuk, diamkan, dan tekan. Tidak ada yang rumit tentang pembuat bir yang ada di mana-mana, tetapi untuk benar-benar membuat secangkir kopi yang enak, Anda harus memahami cara menyeduhnya dan apa yang harus diwaspadai – dan itu tidak hanya terbatas pada kopi (Anda dapat menggunakannya untuk menyaring daun teh, membuat buih susu, dan bahkan saring kaldu). Inilah semua yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari pers Prancis Anda untuk minum kopi dan seterusnya.


Makanan & Anggur / Ashley Rodriguez




Rasio Air dan Kopi untuk French Press

Saat mencari resep French press, Anda mungkin mencari yang spesifik, seperti jumlah kopi yang tepat untuk digunakan dan quantity air yang tepat. Beberapa resep menyediakannya, tetapi beberapa resep French press (dan resep kopi apa pun, dalam hal ini) lebih mengandalkan rasio – atau hubungan antara kopi dan air – dan mengetahui rasio ini untuk menaikkan atau menurunkan skala akan sangat membantu. Apakah menyeduh satu cangkir untuk diri sendiri atau menyeduh untuk orang banyak, rasionya akan tetap sama, tetapi jumlah yang Anda seduh berubah. Ini juga berguna saat mempertimbangkan ukuran pers Prancis Anda: Jika resep membutuhkan 600 gram air, tetapi pers Prancis Anda hanya dapat menampung 400, Anda dapat menggunakan rasio untuk menyesuaikan resepnya.


Sebagian besar resep penyeduhan merekomendasikan penggunaan satu gram kopi dengan 16 gram air (Anda akan melihat ini ditulis sebagai rasio 1:16), tetapi itu bukan aturan yang keras dan cepat. “Jangan takut untuk bereksperimen dan mencoba resep baru dan membuatnya sendiri,” kata Iaisha Munnerlyn, Pendidik dan Konsultan Kopi di Tradecraft Espresso & Tea. “Saya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya membuat ritual kopi Anda menjadi milik Anda; Anda menikmati cangkirnya dengan lebih baik.”


Meskipun sangat membantu untuk memulai dengan rasio, Munnerlyn memperingatkan untuk tetap berpegang pada rasio tertentu. “Saya pikir orang sering terpaku pada resep dan rasio, jadi saya suka saran yang mendorong orang untuk bereksperimen dan mencicipi sampai mereka menemukan sesuatu yang mereka sukai.”


Jadi jangan ragu untuk bereksperimen! Mulailah dengan rasio 1:15 atau 1:16 (resep yang kami rekomendasikan menggunakan rasio 1:15), dan lihat pendapat Anda. Jika kopi terasa terlalu pekat atau terlalu kuat, cobalah perbandingan dengan lebih banyak air, seperti 1:17 atau 1:18. Jika Anda ingin kopi Anda dikemas lebih banyak, cobalah rasio yang lebih pekat.


Makanan & Anggur / Ashley Rodriguez




Proses Langkah demi Langkah

Untuk resep ini, kami asumsikan Anda menggunakan French press 1 liter, pembuat bir dengan ukuran paling umum. Namun, jangan ragu untuk menyesuaikan angka menggunakan rasio kopi dan air pilihan Anda.


  • Air mendidih: Anda akan ingin menggunakan air segar yang telah disaring dan merebus lebih dari yang Anda butuhkan untuk menyeduh karena Anda akan menggunakan air tersebut untuk memanaskan terlebih dahulu alat pembuat bir. Untuk resep ini, kami akan meminta Anda menggunakan 600 gram air ditambah lagi untuk pemanasan awal.
  • Hangatkan Pers: Sebagian besar French press terbuat dari kaca atau baja, yang perlu dipanaskan terlebih dahulu agar suhunya tetap konsisten selama penyeduhan (air yang tidak cukup panas mungkin tidak mengekstraksi, atau menghilangkan rasa, dari kopi bubuk). Anda tidak perlu banyak air untuk memanaskannya — tuangkan beberapa gram, letakkan tangan Anda di sekitar French press, dan tunggu hingga terasa hangat.
  • Ukur dan Giling Kacang Anda: Rasio pilihan Anda terserah Anda—untuk resep ini, kita menggunakan 1:15, jadi kita akan menggiling 40 gram kopi. Tapi bisa disesuaikan dengan selera (kalau mau bikin perbandingan 1:16, pakai kopi 37 gram). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran gilingan. Banyak resep membutuhkan gilingan kasar, tetapi itu juga terserah Anda. “Saya yakin Anda selalu dapat menyesuaikan resep agar sesuai dengan keinginan Anda, dan itu juga berlaku untuk pengaturan gilingan,” kata Munnerlyn. “Pada akhirnya, ini untukmu minum.” Pada gambar di atas, kami menggunakan set penggiling Fellow Ode pada 8 (penggiling mereka memiliki tombol antara 1-11), jadi bukan pengaturan yang paling kasar – hasil gilingan terlihat seukuran garam laut yang terkelupas.
  • Mekar Kacang Anda: Tuangkan semua air Anda dan diamkan kopi dan air selama sekitar satu menit. Ini disebut mekar kopi – membiarkan sebagian CO2 dalam biji menjadi degas. CO2 dapat mengganggu ekstraksi, jadi Anda ingin membiarkan beberapa fuel dalam biji keluar.
  • Duduk dan Aduk: Saat Anda mekar, kopi akan membentuk kerak di atasnya, jadi ambil sendok atau tongkat kayu dan aduk buburnya — ini juga membantu memecah gumpalan kering dan memastikan ampasnya terendam secara merata. Letakkan penyedot di atasnya (tetapi jangan ditekan) agar air tetap panas, dan diamkan selama tiga menit lagi.
  • Tekan dan Tuang: Tekan plunger untuk menyaring kopi yang diseduh dari ampasnya. Jika bisa, tuang kopi ke dalam wadah terpisah atau langsung ke mug — ampas di bagian bawah akan terus “menyeduh” jika kopi tertinggal di French press.
  • Menikmati!



Peralatan yang Anda Butuhkan

Sebuah Pers Prancis

Anda dapat menggunakan pers Prancis apa pun yang dapat Anda temukan, tetapi kami menguji beberapa favorit industri dan mendarat di Bodum Chambord klasik sebagai pilihan utama kami karena kesederhanaan dan keanggunannya. Jika Anda ingin bermain dengan filtrasi (kebanyakan French press memiliki filter mesh standar yang cantik), lihat jajaran mesin press Espro, yang juga kami sukai. Plunger mereka menampilkan filter jaring yang jauh lebih halus yang dimaksudkan untuk menangkap jelaga dan partikel halus yang terkadang tertinggal di pers Prancis.


Pers Prancis Bodum Chambord


Amazon





Espro Tekan Setiap Hari


Atas kebaikan Amazon





Penggiling Duri

Menggiling bubuk segar memastikan Anda mempertahankan semua aroma dan rasa yang ditawarkan kacang. Itu terutama berlaku untuk pers Prancis, di mana beberapa minyak kopi berkontribusi positif pada rasa di mulut tetapi dapat mengacaukan beberapa rasa, jadi penggiling duri yang tepat sangat penting dibandingkan penggiling pisau di mana partikel dapat keluar dengan berbagai ukuran. Meskipun kami menggunakan penggiling Fellow Ode untuk percobaan ini (dinamai dalam daftar penggiling kopi terbaik kami), kami menyukai Baratza Encore karena rangkaian pengaturan gilingan dan keterjangkauannya.


Penggiling Encore Baratza


Amazon





Ketel Listrik

Satu keuntungan dari pers Prancis adalah Anda tidak perlu tepat dengan cara Anda menuangkan. Banyak resep kopi membutuhkan teko gooseneck untuk memastikan presisi, tetapi Anda dapat menggunakan teko air panas apa saja untuk French press. Selama pengujian teko listrik terbaik, kami menemukan bahwa kami menyukai Zwilling Enfinigy karena fitur sentuh dan tahan yang keren, jadi jika Anda menjauh dari ketel, teko akan tetap panas hingga 30 menit.


Enfinigi Zwilling


Amazon




Kegunaan Lain Untuk French Press Anda

Jika Anda memperbesar mundur dan melihat pers Prancis sebagai alat, itu adalah perangkat yang dapat memfilter berbagai hal. Penikmat teh daun lepas mungkin akrab dengan pembuat teh yang terlihat sangat mirip dengan French press, jadi jika Anda ingin menjadikannya multitasker, ikuti langkah-langkah kami untuk menyeduh teh di French press Anda. Anda juga dapat menggunakan pembuat bir untuk menyaring kaldu dan kaldu, tetapi rajinlah membersihkan setelahnya jika Anda menggunakan cara ini.


Cara cerdas lainnya untuk menggunakan pers Prancis adalah dengan membuih susu. Mendorong pendorong ke atas dan ke bawah memasukkan udara ke dalam susu, yang menghasilkan busa yang biasa Anda lihat pada minuman favorit Anda seperti latte dan cappucino. Dibutuhkan sedikit otot, tetapi Anda akan melihat susu mengembang dan bergelembung setelah beberapa saat.



Mengatasi Masalah French Press Espresso

Kopi pers Prancis unik karena tidak ada filter kertas – ini adalah metode pencelupan penuh, dan penyedot berfungsi sebagai filter di akhir proses pembuatan bir. “Tidak perlu filter! Yang Anda butuhkan hanyalah air panas, pers Prancis, dan kopi bubuk,” kata Munnerlyn. “Ini juga memungkinkan lebih banyak ruang untuk mengontrol hasil akhir karena Anda dapat bermain-main dengan variabel yang berbeda. Yaitu, pengaturan gilingan dan suhu air.”


Tapi salah satu cegukan saat menyeduh kopi French press adalah kebanyakan orang meninggalkan kopi mereka di French press setelah dicelupkan, tetapi, seperti yang dicatat Munnerlyn, “semakin lama Anda menyeduh kopi, semakin banyak catatan rasa pahit yang Anda tarik dari ampasnya. ” Tuang kopi jadi Anda ke dalam botol atau langsung ke mug.


Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kopi yang ingin Anda seduh. Seperti pengaturan penggilingan, ini adalah masalah pilihan dan preferensi, tetapi salah satu cara untuk berpikir tentang pembuatan bir secara umum adalah dengan memikirkan kejernihan rasa dan tubuh pada dua ujung spektrum. Pembuat bir dengan filter tugas berat (pikirkan filter tiga lapis pada Chemex) menawarkan kejernihan rasa yang lebih banyak, sehingga kopi bunga dan panggang ringan cenderung bersinar.


Di sisi lain, karena filter logamnya, pers Prancis memungkinkan minyak dan sedimen berakhir di cangkir Anda, menghasilkan bentuk yang unik dan menyenangkan tetapi mungkin menutupi rasanya. “Berani dan gelap [roasted coffees] bertahan dengan baik di pers Prancis, “kata Munnerlyn. “Jadilah sedikit mewah dan tambahkan susu. Kesempurnaan!”


Juga — dan kami tidak bisa cukup menekankan hal ini — bersihkan pers Prancis Anda. Jika kopi Anda pernah terasa tengik atau aneh, kemungkinan karena belum dibersihkan dengan benar, dan kami memperkirakan bahwa sebagian besar masalah pembuatan bir dengan pers Prancis disebabkan oleh filter kotor dan minyak lama.



FAQ

Bisakah Anda menggunakan kopi bubuk biasa di pers Prancis?

Sangat! Cobalah! Tidak ada yang melekat pada pers Prancis, artinya Anda harus menggunakan satu jenis pengaturan gilingan, jadi putar dan lihat apa yang Anda pikirkan. Salah satu alasan banyak resep merekomendasikan penggunaan gilingan yang lebih kasar adalah waktu penyeduhan French press yang lebih lama. Semakin lama kopi berinteraksi dengan air, semakin banyak rasa yang akan Anda keluarkan dari ampasnya, tetapi ada batasan ketika rasa berubah dari enak menjadi pahit (itulah mengapa Anda melihat pengaturan gilingan yang sangat halus untuk metode seduh cepat, seperti espresso, dan medium). yang untuk minuman 2-3 menit, seperti V60 atau Chemex).


Apakah kopi semakin kuat semakin lama disimpan di media Prancis?

“Lebih kuat” mungkin kata yang salah. Secara teknis, kopi Anda akan menjadi “lebih kuat” karena akan mengeluarkan lebih banyak dari kopi saat didiamkan, tetapi ada candy spot di mana Anda menarik campuran yang tepat dari komponen larut sebelum rasa pahit mulai masuk. Itulah mengapa Anda ingin menuang kopi setelah diseduh.


Bagaimana cara membersihkan pers Prancis saya?

Sebagian besar alat pres Prancis dapat dibersihkan dengan tangan dengan sabun dan air dan kadang-kadang harus dibersihkan dengan pembersih kopi khusus untuk mengangkat minyak dan penumpukan kerak air. Tetapi lebih banyak orang perlu membongkar dan membersihkan setiap komponen pendorong. Ada tiga bagian di sebagian besar penyedot, yang berfungsi sebagai filter untuk pers Prancis. Karena tidak ada filter kertas, potongan-potongan ini dapat dengan mudah dilapisi dengan minyak dan ampas bekas. Pastikan untuk memisahkan potongan-potongan ini setiap beberapa kali diseduh dan rendam dalam larutan pembersih kopi khusus.



Keahlian Kami

Ashley Rodriguez telah menjadi barista selama hampir sepuluh tahun dan telah bekerja sebagai manajer, pelatih, dan penulis kopi. Dia juga menulis ulasan produk untuk situs net seperti Critical Eats, The Kitchn, dan Forbes, dan dia saat ini bekerja sebagai redaktur pelaksana untuk Contemporary Cup, sebuah publikasi perdagangan kopi.

[randomize] different website


Posted

in

by